Best Wireless Routers

Best Wireless Routers

TP-Link terbaru TL-wr2543nd N900 router
Best Wireless Routers | Sering  kita terperangkap dengan istilah terbaik dari suatu product. Dalam memilih suatu wireless router pun kita juga terperangkap dengan istilah wireless router terbaik. Memilih wireless router terbaik tak ubahnya seperti membidik object yang bergerak terus. Produsen selalu merilis produk baru setiap 6 bulan atau kurang dari i tu atau malah setahun atau lebih mereke memperkenalkan produk wireless router terbaru mereka dengan technology yang lebih bagus, lebih cepat, lebih aman dan handal. Sebut saja wireless G router dengan MIMO saat itu dianggap tercepat dengan speed sampai 108Mbps disaat standard wireless G saat itu hanya sebatas pada 54Mbps.

Saat ini technology wireless router dan juga wireless adapters lainnya bisa mencapai kecepstan sampai 450Mbps secara teori dengan menggunakan tiga spatial data stream dimana tiap stream memberikan speed sampai 150Mbps dengan total speed 450Mbps dengan tiga spatial data stream. Sebut saja produk terbaru besutan dari Netgear WNDR4500 yang merupakan wireless router dengan dual band simultan dengan masing-masing band (baik 2.4GHz maupun 5GHz band) bisa memberikan speed sampai 450Mbps, sehingga total bandwidth anda mencapai 900Mbps untuk kedua band total.

Kalau kita mengejar wireless router tercepat, maka saat ini wireless router tercepat adalah wireless router yang menggunakan technology wireless N900 dimana masing-masing band memberikan speed sampai 450mbps. Dalam dua tahun kedepan, apakah kita bisa menjamin bahwa technology wireless akan stagnan sampai pada 450Mbps saja? Belum tentu. Bisa jadi saat itu wireless router tercepat bukan lagi technology wireless N900, mungkin wireless N1200 …who knows.

Jadi intinya adalah carilah wireless router yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau hanya untuk berbagi internet speedy di rumah, cukuplah anda memakai TP-Link TD-W8961ND yang merupakan wireless router dengan speed sampai 300Mbps (teoritical) yang sudah terintegrasi dengan modem ADSL menjadi satu. Perangkat ini sangat praktis dan mudah digunakan, cukup install cable telpon ke router, koneksikan satu kabel UTP ke computer anda dan telpon Telkom untuk membantu instalasi jika anda kesulitan. Yang perlu anda ketahui adalah user-name dan password dari Telkom saat pertama kali mereka pasang dirumah anda.

Jadi untuk apa membeli wireless router terbaik saat ini dengan harga yang mahal kalau dirumah hanya dipakai untuk berbagi internet saja dengan beberapa computers. Belum lagi kalau kita tidak tahu kalau yang terpasang dirumah kita adalah sebuah router yang terintegrasi dengan modem, maka penggunaan wireless router tidak akan berfungsi.

Sebuah wireless router harusnya dikoneksikan kepada sebuah perangkay modem-saja, yaitu modem tanpa fitur NAT atau router. Kebanyakan pelanggan Telkom Speedy menggunakan router yang terintegrasi dengan modem. Jadi jika perlu menambahkan access wireless yang anda butuhkan adalah sebuah wireless access point, bukan wireless router. Lihat juga wireless AP Vs router.

Jika anda mempunyai sebuah bangunan dua lantai, ada baiknya anda menggunakan Powerline adapter jika anda ragu bahwa wireless access point anda tidak akan sanggup menembus tebalnya tembok yang mungkin tidak tegak lurus dengan wireless clients anda di lantai dua, sehingga bisa saja dead spot di lantai dua. Penggunaan Powerline adapter akan lebih membantu membuat media transmisi dari lantai satu ke lantai dua menggunakan jaringan listrik. Lihat juga jaringan dengan powerline adapter.

0 komentar:

Post a Comment