MAC Address Pada Jaringan Komputer

MAC Address Pada Jaringan Komputer | MAC address memegang peran yang sangat penting dalam suatu jaringan komputer karena pada dasarnya dalam suatu protocol TCP/IP MAC address selalu diikutkan dalam header frame suatu packet data dalam suatu komunikasi antar komputer dalam jaringan.

Apa sich MAC address itu?
MAC address adalah address fisik dari suatu piranti jaringan dalam suatu jaringan Ethernet. MAC address adalah suatu address layer 2 dalam node jaringan. MAC address adalah address unik terdiri dari 6-byte (48-bit) address yang memberikan identitas suatu komputer, interface router, switch dan semua macam node jaringan.

MAC (Media access control) adalah suatu sublayer dari Layer 2 atau Data-link dalam model OSI dalam suatu jaringan. MAC address biasa disebut sebagai address fisik, address Ethernet, ataupun disebut address hardware dari suatu node jaringan. dalam suatu jaringan Ethernet, frame berisi MAC address dari piranti asal dan tujuan disamping juga berisi IP address logical dari node jaringan asal dan tujuan.

Piranti-piranti seperti Bridge, Switch layer 2 memeriksa MAC address asal dari setiap frame yang diterima kemudian secara dinamis membangun table internal routingnya untuk kemudian bisa meneruskan traffic ke node yang sesuai. Jika ada frame-frame yang datang kemudian maka mereka bisa melihat daftar routing table ini untuk kemudian meneruskan frame-frame tersebut ke port-port yang sesuai atau ke segmen jaringan dimana node tersebut berada sesuai dengan MAC address dari node tujuan.

Implementasi
Pada komputer MAC address diberikan kepada NIC adapter atau interface card yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke dalam suatu jaringan. MAC address biasanya di coding kan secara permanen kedalam ROM (read only memory) dari piranti jaringan tersebut.

Keunikan dari suatu MAC address dijamin oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) yang telah memberikan suatu blok-blok address MAC yang khusus untuk masing-masing vendor dari piranti jaringan. 3-byte pertama yaitu 24-bit mewakili satu block khusus untuk identitas vendor sementara 3-byte terakhir (24-bit) adalah address khusus unik dari vendor tersebut. Masing-masing group dari 3-byte ini dapat direpresentasikan oleh 6 hexadecimal digit untuk membentuk nomor 12-digit hexadecimal yang mewakili MAC address secara keseluruhan. Jadi gabungan dua blok MAC dari vendor dan nomor unik ini dijamin tidak akan ada yang sama diseluruh dunia.

Berikut adalah contoh 6-digit yang mewakili kode vendor:
  • 00000C (Cisco Systems)
  • 00001D (Cabletron Systems)
  • 0004AC (IBM)
  • 0020AF (3Com Corporation)
  • 00C0A8 (GVC Corporation)
  • 080007 (Apple Computer)
  • 080009 (Hewlett-Packard Company)
Untuk lengkapnya kita bisa melihat kode vendor dari 3-byte ini dari IEEE standards di link berikut ini.

Agar komputer-komputer bisa saling berkomunikasi dalam jaringan, frame-frame harus diberi address menggunakan Layer 2 atau MAC address. Akan tetapi untuk menyederhanakan komunikasi jaringan, komputer-komputer tersebut diberikan address Layer 3 dimana dalam TCP/IP berisi address-adress IP. Protocol TCP/IP ini kemudian memanggil Address Resolution Protocol (ARP) untuk menterjemahkan address Layer 3 kedalam address Layer 2.

Bagaimana mengetahui MAC address dari suatu piranti jaringan?
Biasanya address MAC ini dicetak dibelakang dari suatu pirnati jaringan seperti terlihat pada gambar berikut yang merupakan MAC address dari router TP-Link.

Didalam suatu komputer yang sedang jalan, anda bisa melihat catatan MAC address dari interface card dengan cara menggunakan command “ipconfig /all”.

Windows IP Configuration
  • Host Name . . . . . . . . . . . . : roni01
  • Primary Dns Suffix . . . . . . . :
  • Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
  • IP Routing Enabled. . . . . . . . : No
  • WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : No
Ethernet adapter Local Area Connection 2:

Connection-specific DNS Suffix  :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet NIC
Physical Address. . . . . . . . . : 00-1C-F0-B9-F2-A9
Dhcp Enabled. . . . . . . . . . . : Yes
Autoconfiguration Enabled . . . . : Yes
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.100
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DHCP Server . . . . . . . . . . . : 192.168.1.1
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 192.168.1.1
Lease Obtained. . . . . . . . . . : Monday, February 27, 2012 4:51:52 AM
Lease Expires . . . . . . . . . . : Thursday, March 01, 2012 4:51:52 AM

1 komentar:

  1. Pretty great post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I've really loved browsing your weblog posts. In any case I will be subscribing for your rss feed and I'm hoping you write again very soon!
    my webpage > rent lenovo laptop

    ReplyDelete