Best Value Wireless Dual Band Gigabit Routers

Best Value Wireless Dual Band Gigabit Routers | Jika anda memutuskan untuk membeli wireless router untuk jaringan wireless di rumah anda, dan anda memutuskan untuk memilih wireless router dengan dukungan gigabit dan dual band, spec apa saja yang anda butuhkan agar memberikan value terbaik dan cocok dengan kebutuhan anda? Pertimbangkan spec product berikut ini yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Selectable atau simultaneous

Dengan memilih wireless router terbaik dengan dukungan dual band dan gigabit, agar memberikan value terbaik pertama anda perlu mempertimbangkan dual band itu sendiri apakah selectable atau simultaneous. Kalau selectable, pada dasarnya router tersebut adalah single band. Anda sendiri yang memilih router tersebut untuk beroperasi pada band 2.4GHz atau 5 GHz. Jadi jika client wireless anda campuran dari perangkat berbasis 2.4 dan 5GHz, maka anda tidak bisa mengusung mereka semua secara bersamaan. Kecuali memang anda memerlukan jaringan dengan basis 5GHz semuanya, maka anda pilih yang selectable dual band gak apa. Dengan beroperasi pada 5GHz, maka anda mempunyai jaringan yang bersih dari gangguan interferensi dan cepat sebut saja D-Link DIR-665.

Untuk router dual band simultaneous, maka router anda bisa berkomunikasi dengan semua client wireless anda yang beroperasi pada band campuran baik yang 2.4GHz maupun yang 5GHz band pada saat yang bersamaan.

Dukungan USB Port

Dengan keunggulan yang dimiliki router dengan fitur simultaneous dual band dan gigabit interface, dukungan interface lain yang sangat berguna yang perlu anda pertimbangkan dalam memmilih router terbaik anda adalah dukungan USB port. USB port yang bagaimana yang anda butuhkan?

Kebanyakan wireless router yang dilengkapi dengan port USB adalah dimaksudkan untuk bisa dipakai sebagai hosting external storage untuk bisa dishare bagi client computer lainnya yang ada pada jaringan. Akan tetapi ada lagi yang perlu dipertimbangkan jika anda ingin men-share printer USB anda, yaitu fitur yang memungkinkan port USB ini bisa dipakai untuk hosting printer agar bisa diakses lewat jaringan. Tidak banyak juga wireless router yang dilengkapi dengan USB port yang bisa dipakai untuk share storage atau printer.

Jika kebutuhan akan storage dan printer yang bisa diakses secara bersamaan ada, maka anda harus mempertimbangkan wireless router yang dilengkapi dengan dua buah USB port yang bisa dipakai untuk hosting storage dan printer pada saat bersamaan. Hal ini sangat menguntungkan, anda bisa share storage anda dan juga anda tidak perlu membeli print server device sendiri untuk bisa sharing printer anda.

Berikut adalah beberapa wireless router yang meberikan value terbaik buat kebutuhan anda, setidaknya sesuaikan dengan kebutuhan anda.

RT-N56U Black Diamond Dual band gigabit router
Click Untuk Lihat Spec detail

RT-N56U ini adalah besutan terbaru dari Asus. Router ini bisa memberikan value terbaik buat kebutuhan anda karena dia dilengkapi dengan fitur pendukung yang sangat berguna diantaranya:

Diusung dengan teknologi wireless 802.11n terkini dengan dukungan simultaneous dual band.
  • Dilengkapi dengan gigabit baik pada interface WAN port maupun pada interface LAN port (4buah port)
  • Hardware NAT acceleration engine yang bisa memberikan throughput WAN ke LAN 2-5 kali dibanding software-based NAT router
  • Dilengkapi dengan dua port USB untuk sharing storage dan printer
  • Al Radar technology – design unik dan efficient untuk optimasi wireless coverage dan kualitas signal tanpa menaikkan konsumsi power.

Sayangnya router ini tidak dilengkapi dengan fitur security Guest access yang bisa memberikan boundary security access kepada guest anda seperti pada router andalan dari Netgear WNDR4000. Silahkan lihat Spec detail Asus RT-N56U ini disini.

Apple MA073LL/A AirPort Extreme Base Station
Lihat spec detail - klik disini

AirPort Extreme Base Station ini besutan dari Apple Inc. Tentunya bagi para penggemar produk Apple Mac router ini menjadi andalan mereka dengan fitur pendukung yang bisa memberikan value terbaik untuk kebutuhan mereka. Berikut adalah fitur unggulan router ini:

  • Diusung dengan technology wireless 802.11n dengan dukungan dual band simultaneous.
  • Gigabit Ethernet ports baik pada WAN port (1 buah) maupun pada interface LAN (3 buah)
  • Dilengkapi dengan satu buah port USB bisa dipakai untuk sharing storage atau printer. Atau bisa menambahkan sebuah USB hub untuk bisa sharing printer dan storage secara bersamaan.
  • Connect sampai 50 user secara bersamaan.

Sayangnya juga tidak dilengkapi dengan fitur guest access dan anda butuh USB hub jika perlu hosting storage dan printer secara bersamaan. Silahkan lihat Spec detail Apple airport disini.

TEW-673GRU GREENnet Router
Klik disini untuk spec detail

Router besutan dari Trendnet ini juga mempunyai fitur yang bisa memberikan value terbaik buat jaringan anda sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut diantara fitur andalan nya:

  • Diusung dengan technology wireless 802.11n dengan dukungan simultaneous dual band dengan speed ideal sampai 300Mbps
  • Dilengkapi dengan interface gigabit Ethernet baik pada WAN port (1 buah) dan LAN ports( 4 buah)
  • Dilengkapi dengan 2 buah USB port untuk memnungkinkan anda share storage dan printer secara bersamaan
  • Dilengkapi dengan display LCD yang memungkinkan anda melihar status, local time, performa jaringan dan opsi management router

Sama halnya dengan kedua router diatas, router ini tidak dilengkapi dengan fitur secure guest access. Silahkan lihat spec TEW-673GRU detailnya disini

Dalam memilih router, pastikan router tersebut mempunyai fitur-fitur yang anda butuhkan untuk memberikan value terbaik pada jaringan anda.

0 komentar:

Post a Comment