Teknik Pendinginan Komputer

Tips dan Trik Kompute  | Teknik Pendinginan Komputer | Cara Mendinginkan komputerPendinginan komputer atau pendinginan CPU adalah tindakan mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer. Panas yang berlebihan pada pralatan elektronik sangat berpotensi merusak. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk mendinginkan komponen komputer mereka(khususnya pada prosessor) dari cara yang biasa hingga yang cukup extreme. beberapa cara untuk mengurangi panas pada sebuah komputer, diantaranya :

1. heatsink. Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor. Perpindahan panas terjadi menggunakan aliran udara di dalam casing. Menurut saya metode pendinginan ini tidak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara di dalam casing. jika aliran udaranya teranggu, maka bisa dipastikan prosesor akan kepanansan. Ada juga orang-orang yang menggunakan Big Copper Heatsink yang cukup besar.. 

2. heatsink fan (HSF). Cara kerja dari HSF mirip seperti pada pendinginan menggunakan heatsink, tetapi pada HSF ditambahkan sebuah kipas untuk mempercepat proses transfer panas. HSF bekerja lebih baik dari pada Heatsink. pada masa kini HSF menggunakan teknologi heatpipe yaitu pipa tembaga kecil untuk transfer panas dengan menggunakan konsep kapilaritas. Biasanya jika seseorang melakukan OC (overclock) akan mengganti HSF bawaan komputernya, karena tidak mampu mengimbangi.. Jika OC tidak terlalu besar dilakukan, sebenarnya sebagian HSF bawaan juga mampu menahan.. 

3. water cooling. Teknik pendinginan CPU menggunakan water cooling adalah dengan menggunakan cairan pendingin (biasanya berupa air)yang dialirkan menggunakan peralatan khusus untuk water cooling. peralatannya biasanya terdiri dari water block yang dipasangkan ke pengait prosesor dimotherboard, pompa air, dan radiator.. 

Biasanya cara-cara pendinginan water cooling dan extreme( seperti penggunaan LN2 AC,..dll) dilakukan oleh seorang gamers atau Seorang yang gemar OC(overclock) untuk mengurai panas yang dihasilkan dari kerja prosesor yang berlangsung lama secara full load atau OC yang tinggi. Jika anda tidak melakukan hal itu atau penggunaan komputer anda dalam golongan biasa-biasa saja, sudah cukup dengan HSF dan jika perlu bisa di bantu dengan Kipas angin rumah.

0 komentar:

Post a Comment