WRT610N Linksys Wireless Router

WRT610N Linksys Wireless Router | WRT610N Linksys Wireless Router dengan Wireless-N Dual-Band Simultan yang Bisa Diandalkan Untuk Jaringan Wireless Anda dirumah atau dikantor Lihat juga produk terbaru Linksys E-4200
WRT610N Linksys Wireless Router
WRT610N Linksys Wireless Router

Sekarang sudah jamannya era digital dan juga era wireless, dimana untuk membangun suatu jaringan wireless dirumah anda begitu sederhana dengan hanya sedikit pengetahuan cara memasang komponen-2 jaringan wireless pada port-port yang tepat dan sedikit configurasi, anda sudah bisa mempunyai suatu jaringan wireless dirumah anda. Komponen utama yang anda perlukan jika anda ingin membangun suatu jaringan wireless dirumah, jika ingin membagi koneksi internet dengan beberapa komputer di lingkungan rumah anda yang besar adalah wireless router. Linksys menawarkan produk WRT610N wireless router yang mempunyai kinerja yang sangat bagus untuk jaringan wireless dirumah anda.

WRT610N Linksys Wireless Router bekerja berdasarkan standard industry wireless draft 802.11n, jaringan standard wireless paling cepat saat ini. Walaupun masih dalam draft dan belum final, anda sudah bisa merasakan technology masa depan yang sudah di rilis dipasaran saat ini. Hampir semua producen perangkat wireless sudah mengaplikasikan technology wireless-N ini pada produk-2 andalan mereka.

Kenapa harus memakai standard yang belum final dan masih dalam draft? Anda tidak perlu khawatir, bahkan standard keamanan koneksi wireless untuk jaringan wireless N ini sudah menjadi certifikasi industry yaitu Wi-Fi Protected Access (WPA dan WPA2), dan yang lebih penting bahwa WRT610N Linksys wireless router ini compatible dengan standard wireless sebelumnya, 802.11b/g. Jadi tidak akan membuang investasi anda pada wireless 802.11b/g yang sudah anda punyai saat ini.

WRT610N Linksys wireless router adalah router yang bekerja pada dual-band secara simultan pada kedua radio band 2,4 GHz dan 5 GHz pada saat bersamaan, yang secara efektif menggandakan ketersediaan bandwidth wireless anda. Sebagai contoh, anda bisa brawsing internet, baca email, chating, facebook-an memakai radio band 2,4 GHz, sementara untuk keperluan streaming video anda menggunakan radio band 5 GHz sehingga anda bisa menghindari interferensi dan collision yang akan menurunkan kinerja streaming video anda.

WRT610N Linksys wireless router merupakan perangkat yang multi-fungsi, 4 macam fungsi dalam satu piranti yang mana bila dipasangkan dengan adapter wireless-N Linksys lainnya, akan mendapatkan kinerja maksimum dan mendorong kinerja dan kecepatan yang sangat berarti untuk jaringan wireless anda dirumah atau dikantor anda.

Empat macam fungsi dalam WRT610N Linksys wireless router ini berisi fungsi-2 berikut:
  • Sebuah Switch Gigabit dengan 4 buah port RJ-45 10/100/1000 Mbps, cukup buat koneksi kecepatan tinggi dengan Kabel Jaringan UTP Cat-5e sampai 4 komputer dari kecepatan NIC komputer lama 10 Mbps sampai komputer versi terbaru Gigabit NIC.
  • Sebuah Access Point untuk jaringan wireless anda. Dengan WRT610N Linksys wireless router, anda bisa melakukan koneksi wireless dari komputer-2 anda dengan kecepatan dan jangkauan luas yang jauh melebihi standard piranti wireless kuno 802.11G. router ini juga berfungsi sebagai DHCP server penyedia pool IP buat komputer-2 anda yang terhubung dengan jaringan kabel atau wireless ke router ini. WRT610N Linksys wireless router menggunakan technology antenna MIMO (Multiple-In-Multiple-Out) yang menggunakan beberapa gelombang radio untuk menciptakan sinyal yang kuat yang menjelajah lebih jauh dan mengurangi dead-spots, yang akan melesatkan kecepatan wireless untuk applikasi-2 yang membutuhkan bandwidth yang lebar seperti streaming video ataupun file sharing. Dengan jaringan wireless-N, semakin jauh anda mendapatkan kecepatan lebih. Jika kedua ujung mempunyai jaringan wireless –N juga maka anda akan mendapatkan output yang jauh lebih besar dengan menggunakan dua kali radio band, menghasilkan kecepatan yang jauh melebihi standard wireless –G. Tidak seperti technology pemacu kecepatan yang lain, Wireless-N dapat secara dinamis memacu kecepatan dobel kepada piranti-2 wireless-N, sementara masih bisa terhubung dengan piranti-2 wireless lainnya (yang bukan wireless –N) sesuai dengan kecepatan mereka, jadi tidak ikutan dipacu untuk piranti yang hanya bisa berkecepatan pada kecepatan standard mereka masing-2.
  • Sebuah fungsi Firewall / router. WRT610N Linksys wireless router mendukung system keamanan kelas tinggi untuk menjaga jaringan private anda aman dari segala ancaman keamanan jaringan, yang meliputi feture berikut ini:
  • Perlindungan jaringan private dengan fitur double-firewall yang meliputi Network Address Translation (NAT) dan Stateful Packet Inspection (SPI)
  • Perlindungan terhadap serangan DoS (Denial of Services)
  • Jika dipakai dalam infrastructure jaringan yang mempunyai infrastructure RADIUS, maka WRT610N Linksys wireless router ini bisa dipakai sebagai RADIUS client.
  • Mendukung system keamanan koneksi wireless yang paling akhir yaitu Wi-Fi Protected Access baik WPA-PSK, WPA2-PSK dari 64-bit dan 128-bit enkripsi
  • Jika anda sering bepergian untuk bisnis, dan anda sering melakukan koneksi secara virtual lewat internet, maka router ini mendukung VPN pass-through untuk melakukan koneksi lewat tunneling dengan aman baik melalui Protocol PPTP ataupun L2TP/IPSec.
  • WRT610N Linksys wireless router mendukung built-in storage link atau media server built-in. Dengan built-in storage link ini, anda bisa mentranformasikan piranti penyimpan USB kedalam suatu Network Access Storage (NAS). Anda juga bisa me-manage share dan user yang bisa mengaksesnya dengan menu yang sangat mudah administrasinya. Anda juga bisa menjadikan USB storage ini sebagai FTP server yang bisa dikases dari internet seluruh dunia dan juga bsia diakses dari jaringan private internal anda.

Diagram dalam gambar berikut ini menunjukkan konfigurasi yang umum dipakai dalam jaringan wireless dirumah atau rumah kantor anda menggunakan WRT610N Linksys wireless router ini.
WRT610N Linksys Wireless Router
WRT610N Linksys Wireless Router Diagram

Untuk membagi koneksi broadband internet, anda perlu menghubungkan router ini kepada modem. Kalau anda menggunakan modem Speedy Telkom, sebenarnya dia sudah mempunyai fungsi router/firewall – maka anda harus mematikan fungsi DHCP server dari router ini menjadikan router ini menjadi Access Point saja. Ada baiknya anda menggunakan modem DSL yang tanpa fungsi router / firewall sehingga anda bisa memaksimalkan fungsi dari router ini.

Dengan router ini anda bisa membangun jaringan wireless dengan kinerja jaringan yang tinggi dirumah anda atau dikantor anda. Apa saja yang bisa anda fungsikan untuk jaringan wireless dengan router ini?

Dengan jaringan wireless ini anda bisa berbagi – sharing internet; files; printer; dan juga mengakses USB drive anda secara sharing dari semua komputer dalam jaringan. Jika anda mempunyai XBOX 360 game console dari Microsoft anda bisa melengkapinya dengan adapter wireless yang dual-band juga agar anda bisa melakukan online game tanpa kabel di ruang santai anda dimana terletak High Definition LCD televisi anda tanpa ada sliweran kabel untuk jaringan. Dengan game console XBOX ini anda bisa melakukan semua kegiatan online anda lewat HDTV anda, anda bisa streaming HD video dari komputer anda ke console ini dan menikmatinya di layar TV lebar anda dengan puas sambil bersantai diruang TV anda. Semuanya dengan adanya bantuan dari adanya jaringan wireless WRT610N Linksys wireless router dirumah anda.

WRT610N Linksys wireless router mempunyai jangkauan sinyal yang sangat kuat, sehingga anda bisa mengakses internet dari laptop anda dari sisi kolam renang anda, ataupun dari kamar anda. Atau jika anda mempunyai telpon wifi untuk Skype, maka anda bisa bertelpon ria ke seluruh dunia dengan telpon Wifi anda dengan menggunakan account Skype anda, tanpa batas and gratis lagi.

Untuk mendapatkan throughput yang optimal, anda bisa menggunakan wireless ExpressCard WEC-600 jika notebook anda mempunyai slot ExpressCard, sementara Wi-Fi adapter anda masih jenis 802.11b/g.

Jika anda khawatir dengan jaringan wireless anda kemungkinan di intip dari komputer tetangga, anda bisa memberikan keamanan jaringan anda baik membatasi akses komputer yang terdaftar saja, dan memberikan koneksi enkripsi lewat standard keamanan WPA/WPA2.

0 komentar:

Post a Comment